Zona Oranye, Walkot Surabaya Memohon Masyarakat Salat Id di Rumah

Pemerintah Kota( Pemkot) Surabaya mengimbau warga supaya tidak melakukan Salat Idul Fitri 1442 Hijriah di masjid ataupun lapangan. Warga dimohon melakukan Salat Id di rumah tiap- tiap.

Imbauan ini dicoba demi melindungi keamanan warga dari bahaya penularan Covid- 19 dikala perayaan hari raya lebaran.

Amati pula: Permasalahan Positif Meningkat 3. 922, Total Kematian Capai 47. 012

Kebijakan tersebut menyusul Pesan Edaran( SE) Departemen Agama( Kemenag) No 07 Tahun 2021 Bertepatan pada 6 Mei 2021. Dalam edaran itu, mengharuskan Salat Id di rumah wilayah berstatus zona oranye AlkisahNews.com .

” Kami melaksanakan instruksi dari Departemen Agama. Zona merah serta zona oranye wajib Salat Idul Fitri di rumah. Buat di Surabaya, Salat Idul Fitri di rumah tiap- tiap,” kata Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, Minggu( 9/ 5).

Eri juga menerbitkan SE Wali Kota Surabaya No 443/ 4657/ 436. 8. 4/ 2021 bertepatan pada 6 Mei 2021 tentang panduan Salat Idul Fitri 1442 Hijriah/ 2021 di dikala pandemi Covid- 19 di Kota Surabaya.

Amati pula: Larangan Mudik, Satgas Ingatkan Penularan Sebab Mobilitas

Pada poin kedua SE itu dipaparkan kalau bersumber pada zonasi penyebaran Covid- 19 pada web Satgas Covid- 19 Nasional, Kota Surabaya terletak di zona oranye. Sehingga Salat Idul Fitri supaya dicoba di rumah tiap- tiap.

” Kami yakinkan in- line dengan pemerintah pusat, kita jalankan. Kami langsung buat pesan edaran kepada masyarakat,” ucapnya.

Politikus PDI- Perjuangan itu meminta maaf kepada segala masyarakat Surabaya sebab penerapan Salat Idul Fitri tahun ini wajib dilaksanakan di rumah tiap- tiap.

” Sebab Surabaya masih zona oranye, aku mohon maaf kepada masyarakat Surabaya. Mari kita Salat- nya di rumah tiap- tiap dahulu,” katanya.

Amati pula: Klaster Tarawih Banyuwangi: 38 Positif Corona, 6 Meninggal

Eri berkata grupnya tidak melarang umat Muslim melakukan Salat Id. Dia mengaku cuma melaksanakan syarat dalam SE Kemenag yang melarang masyarakat di zona oranye melakukan Salat Id di masjid ataupun lapangan.

” Bukan kami melarang buat beribadah. Tetapi ini terdapat pesan edaran yang melaporkan semacam itu. Jika misal Salat Id bersama keluarga di taman rumah itu ya tidak apa- apa,” ucapnya.

Baca Juga : Metode Menanggulangi Wifi Indihome Lemot Pemicu Lelet serta Ngelag

Dalam SE Walkot Surabaya ini poin 3 disebutkan kalau silaturahmi dikala Idul Fitri cuma dicoba bersama keluarga terdekat. Masyarakat pula diimbau tidak melaksanakan open house ataupun halal bihalal di area kantor ataupun komunitas.

” Sebab bukan apa- apa, ini buat menghindari penyebaran Covid- 19. Insyaallah kita telah sampaikan pesan edaran ini kepada segala camat,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *